|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan teknologi di dalam dunia entertaiment sudah semakin maju,
contohnya Playstation suatu produk keluaran dari perusahaan elektronik
terkemuka di dunia yaitu Sony yang berhasil menarik perhatian para pecinta games
sehingga sangat diminati di seluruh penjuru dunia.
Playstation tidak hanya diminati oleh anak kecil saja, tetapi orang dewasa
juga banyak yang menyukainya. Bahkan tidak hanya kaum lelaki saja yang gemar
memainkannya, kaum wanita pun lumayan banyak yang gemar bermain Playstation.
Playstation dapat menghibur dan menghilangkan rasa jenuh atas kegiatan
sehari-hari dan dapat mengisi waktu luang untuk istirahat.
Di Indonesia sudah tidak asing lagi keberadaan Playstation, sudah banyak
masyarakat yang mengenal Playstation. Namun tidaklah banyak masyarakat yang
memiliki Playstation, hal ini dikarenakan harganya yang mahal sehingga tidak
terjangkau. Bagi masyarakat yang tidak memiliki Playstation dapat menggunakan
jasa penyewaan Playstation atau yang lebih dikenal dengan Rental Playstation.
Pada saat sekarang ini sangatlah sulit mendapatkan pekerjaan yang
disebabkan minimnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan
serta tingginya standarisasi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh
perusahaan. Dengan adanya hal ini maka timbul pemikiran untuk menciptakan
lapangan kerja.
Dilihat dari banyaknya permintaan konsumen yang
ingin menggunakan jasa Playstation ini maka tidaklah mungkin untuk dapat
melayani semua keinginan konsumen tersebut, oleh karena itu Rental Dero
Playstation ingin mengembangkan usahanya dengan menambahkan fasilitas seperti
televisi, mesin Playstation, meja, kipas dan lain-lain. dengan adanya pengembangan usaha ini maka perlu
dilakukannya studi kelayakan guna menghindari keterlanjuran penanaman modal
yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan. Maka
daripada itu penulis ingin meneliti kelayakan pengembangan usaha yang dilakukan
Rental Dero Playstation dan memberi judul penulisan ilmiah ini “Studi Kelayakan
Pengembangan Usaha Pada Rental Dero Playstation Di Jakarta Timur”.
1.2
Rumusan Masalah, Pernyataan Penelitian dan Batasan
Masalah
1.2.1
Rumusan Masalah
Rumusan masalah
dalam penelitian ilmiah ini adalah apakah rencana pengembangan usaha pada
Rental Dero Playstation dapat memberikan keuntungan?
1.2.2
Pertanyaan Penelitian :
1. Bagaimana
pertimbangan aspek pasar dan pemasaran atas rencana pengembangan usaha pada
Rental Dero Playstation?
2. Bagaimana
pertimbangan aspek teknis operasi dan aspek keuangan atas rencana pengembangan
usaha pada Rental Dero Playstation?
3.
Apakah
rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation layak untuk
dilaksanakan?
1.2.3
Batasan Masalah
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis membatasi masalah untuk proyek yang
dilaksanakan dengan aspek-aspek studi kelayakan khususnya dalam aspek keuangan
diantaranya penilitian investasi dengan menggunakan metode Payback periode, Net Present Value (NPV), Profitablitas Indeks (PI) dan
Internal Rate of Return (IRR) dengan memperkirakan pendapatan dari
aset-aset yang baru pada Rental Dero Playstation untuk tahun 2007 kedepan.
1.3
Tujuan Penelitan
Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk
mengetahui pertimbangan aspek dasar dan pemasaran atas rencana pengembangan
usaha pada Rental Dero Playstation.
2. Untuk
mengetahui pertimbangan aspek teknis operasi dan aspek keuangan atas rencana
pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation.
3. Untuk
mengetahui layak tidaknya atas rencana pengembangan usaha pada Rental Dero
Playstation.
1.4
Manfaat Penelitan
Manfaat dengan diadakannya penelitian ilmiah ini :
1.
Menunjang
dalam proses belajar studi kelayakan proyek bagi mahasiswa.
2. Sebagai bahan
pertimbangan dalam mengambil keputusan berinvestasi untuk pengembangan usaha
bagi badan usaha tersebut.
3. Sebagai bahan
acuan bagi seseorang atau badan usaha lain dalam berinvestasi untuk mendirikan
maupun mengembangkan usahanya.
4. Sebagai
contoh penelitian untuk membantu mahasiswa yang ingin melakukan suatu penelitian
yang sejenis.
1.5
Metode Penelitian
1.5.1
Objek Penelitian
Objek penelitian
dalam penelitian ilmiah ini adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang
jasa Rental Dero Playstation berlokasi di Jl. Albaidho Jakarta Timur.
1.5.2
Data/Variabel
Data / Variabel yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah perkiraan
pendapatan dari aset-aset yang baru pada Rental Dero Playstation untuk tahun
2007 kedepan.
1.5.3
Metode Pengumpulan Data / Variabel
Metode
pengumpulan data / Variabel dan keterangan serta informasi yang relevan, maka
penulis melakukan dengan cara sebagai berikut :
1.
Penelitian di
Lapangan.
Penelitian ini
dilakukan secara langsung terhadap obyeknya, guna mendapatkan data-data primer
maupun data sekunder yang diperlukan untuk penelitian ilmiah ini.
2.
Penelitian di
Perpustakaan.
Penelitian ini
dilakukan dengan cara mencari data-data yang diperlukan sebagai landasan
teoritas untuk menganalisa data yang diperoleh di lapangan. Dengan kata lain
pengumpulan data melalui buku-buku yang ada di dalam kepustakaan maupun diluar
kepustakaan seperti surat kabar, majalah dll.
1.5.4
Hipotesis
Apakah proyek pengembangan usaha yang akan dilakukan Rental Dero
Playstation layak atau tidak jika dilihat dari aspek pasar dan pemasaran, aspek
teknis operasi serta aspek keuangan?
1.5.5
Alat Analisis yang Digunakan
Dalam penulisan ilmiah ini alat analisis yang digunakan adalah Payback Periode, Net Present Value (NPV),
Profitabilitas Indeks (PI), dan Internal Rate of Return (IRR).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar